Bisnis Sampingan untuk Karyawan

January 4, 2022by Rahazlen0

Bisnis sampingan merupakan hal yang tentunya dapat dilakukan untuk menambah pemasukan. Meski seorang karyawan sudah memiliki pendapatan tetap, bisnis sampingan kadang diperlukan untuk mendapat pendapatan tambahan. Usaha ini dapat dilakukan ketika waktu senggang dan tentunya bukan menjadi fokus utama dari pekerjaan Anda.

Jika Anda merupakan karyawan di sebuah Perseroan Terbatas (PT) atau badan usaha lainnya, Anda tetap harus fokus dengan pekerjaan. Oleh karena itu, biasanya usaha ini hanya menggunakan modal yang kecil dan bekerja dengan skala kecil pula. 

Selain untuk menambah pemasukan, Anda juga dapat menyalurkan bakat dan kreativitas Anda pada usaha ini. Jadi, Anda tidak lagi merasa jenuh dengan pekerjaan Anda. 

 

Bisnis Sampingan Apa Saja yang Bisa Dilakukan?

Sebagai karyawan, tentunya Anda tidak memiliki waktu luang yang banyak. Anda dapat mengalokasikan waktu Anda untuk melakukan bisnis sampingan ini secukupnya. Berikut adalah ide usaha yang dapat menjadi pilihan Anda.

 

Ide Bisnis Sampingan Barang

Bisnis menjual barang dapat menjadi pilihan Anda. Jika Anda memiliki keahlian dalam memproduksi barang seperti kerajinan tangan atau kue, Anda dapat menjualnya. Ide bisnis sampingan yang dapat Anda lakukan adalah:

 

1. Baker

selective focus photography of woman putting icing on cupcakes

Bisnis sampingan ini tentunya cocok bagi Anda yang senang membuat kue. Anda dapat menyalurkan bakat Anda sekaligus mendapatkan uang tambahan. Untuk promosi, Anda dapat memberikan sampel pada teman kantor dan meminta mereka untuk memberikan saran. Setelah itu, Anda dapat menjual pada teman kantor dan orang terdekat lainnya.

 

2. Catering

bisnis sampingan salad

Bisnis sampingan ini cocok untuk Anda yang jago masak. Anda dapat menawarkan jasa katering pada teman atau keluarga. Tentunya untuk tidak mengganggu waktu kerja, Anda hanya dapat mengerjakan katering dengan skala kecil atau menengah. Sebagai pilihan lain, Anda dapat mengerjakan katering dengan skala besar di hari libur kerja Anda. 

 

3. Online Shop

woman holding black smartphone near silver macbook

Membuka toko online merupakan bisnis sampingan yang paling banyak dilakukan oleh para karyawan. Anda dapat melakukan bisnis online di sela kesibukan Anda sebagai karyawan karena Anda dapat melakukan usaha ini di rumah. Menjalankan usaha online tentunya tidak akan memakan banyak waktu jika dilakukan dengan skala kecil. Anda dapat menjadi reseller dengan menjual barang orang lain atau menjadi dropshipper untuk memulai usaha tanpa modal. 

Jika bisnis Anda mengalami perkembangan dan menjadi usaha online berskala besar, tentunya Anda membutuhkan perizinan usaha. 

 

4. Menjual Bibit Tanaman

bisnis sampingan bibit bunga matahari

Bisnis ini belum banyak yang melakukannya sehingga dapat menjadi peluang bagi Anda. Untuk mendapatkan bibit tanaman, Anda dapat membelinya dari petani di daerah dengan harga yang cukup terjangkau. Selanjutnya, Anda dapat menawarkan pada teman kantor atau orang yang tinggal di lingkungan Anda.

 

Ide Bisnis Jasa Digital

ide bisnis sampingan jasa digital

Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam menjual barang, Anda dapat mencoba untuk menawarkan keahlian jasa. Anda dapat menyesuaikan keahlian yang Anda miliki dengan peluang pekerjaan yang ada, di antaranya adalah :

 

1. Freelancer

Kadang orang bekerja dan memiliki pendapatan tetap, namun masih merasa kurang. Jika pendapatan Anda sebagai karyawan masih dirasa kurang, Anda dapat melakukan pekerjaan lepas atau menjadi freelancer. Sekarang ini banyak sekali situs untuk mencari pekerjaan lepas atau menawarkan jasa Anda. Jasa yang dapat Anda tawarkan seperti menerjemahkan dokumen, membuat makalah, membuat desain grafik dan lainnya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pendapatan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

 

2. Content Creator

Sekarang ini banyak sekali platform media sosial yang memberikan wadah pada para content creator. Anda dapat membuat konten yang Anda sukai seperti review makanan, tutorial menggunakan make up, atau konten edukasi seputar dunia kerja Anda. Dengan begitu, Anda dapat bekerja sambil memberikan informasi yang berguna oleh orang banyak.

 

3. Desain Grafis

Jago dalam bidang desain grafis? Anda dapat menawarkan jasa ini di beberapa platform pencari freelance seperti FastWork dan lainnya. Jika Anda memiliki pengalaman dan keahlian membuat website, desain logo dan lainnya, Anda dapat memulai usaha ini. 

 

Ide Bisnis Sampingan Tanpa Modal

Tidak memiliki modal namun ingin memiliki bisnis sampingan? Anda dapat melakukannya tanpa modal. Tentunya hal ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Bisnis sampingan tanpa modal yang dapat Anda lakukan adalah:

 

1. Makelar Properti

white and red wooden house miniature on brown table

Anda tidak perlu memiliki properti untuk menjadi makelar properti. Anda dapat mencari properti yang sedang dijual dan dapat menawarkannya kepada rekan kerja Anda. Sebelumnya, Anda dapat melakukan kesepakatan atau kerja sama dengan si pemilik properti. Keuntungan yang Anda dapatkan berupa komisi yang diberikan oleh pemilik rumah.

 

2. Bisnis Sampingan Dropshipper

dropshipper

Jualan online tanpa memiliki barangnya? Hal ini sangat bisa Anda lakukan. Tidak perlu memiliki barang seperti pemilik olshop atau reseller, Anda dapat menjualkan produk orang lain dengan menjadi dropshipper. Bisnis ini juga meminimalisir kerugian Anda jika barang yang Anda jual tidak laku. 

 

Izin Usaha Bisnis Sampingan

Jika Anda memiliki online shop yang sudah besar, maka Anda membutuhkan perizinan untuk melakukan usaha. Regulasi yang mengatur hal ini adalah Peraturan Pemerintah nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). 

Anda dapat mendaftarkan usaha Anda melalui OSS dan bagi pelaku usaha besar seperti marketplace dapat menunjukkan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.

 

Itulah ide bisnis sampingan yang dapat Anda lakukan sebagai karyawan. Tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo!
Bagaimana kami dapat membantu Anda?