Bisnis Masa Pandemi, Ide Usaha Ini Bisa Jadi Pilihan

January 6, 2022by Rahazlen0

Bisnis masa pandemi adalah bisnis yang tentunya dapat menjadi pilihan bagi Anda jika berhenti bekerja. Di masa seperti sekarang ini, cukup sulit untuk mencari pekerjaan dan bergantung pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu, Anda dapat membangun bisnis sendiri di masa pandemi seperti sekarang ini. Simak beberapa ide untuk membangun usaha Anda.

 

Ide Bisnis di Masa Pandemi

Berikut adalah ide usaha yang dapat Anda lakukan di masa pandemi.

 

1. Layanan Antar

man driving motor scooter delivering good

Ini merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena keterbatasan mobilitas dari masyarakat, layanan antar bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Meningkatnya permintaan terhadap layanan antar membuat usaha ini semakin menjanjikan. Anda dapat mengantar berbagai produk untuk mendapatkan penghasilan. 

Untuk bisnis ini, Anda hanya membutuhkan modal kendaraan. Anda tidak perlu mengolah produk atau melakukan promosi di sosial media. Usaha ini cukup mudah untuk dilakukan.

 

2. Online Shop

person holding space gray iphone 6

Bisnis masa pandemi ini tentunya menjadi sangat populer. Hal ini karena lebih praktis dan biasanya banyak marketplace yang memberikan diskon. Anda dapat memulai bisnis online dengan mudah. Hanya perlu untuk mempromosikan melalui internet, seperti media sosial dan lainnya.

 

3. Dropshipper

brown cardboard box on white table

Ingin melakukan bisnis sampingan tanpa modal? Anda dapat melakukan dropshipper. Ini merupakan usaha jualan online tanpa perlu memiliki produknya. Anda hanya cukup menjual produk orang lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda dapat melakukan usaha tanpa modal.

 

4. Menjual Alat Kesehatan sebagai Bisnis di Masa Pandemi

bisnis sampingan menjual masker

Bisnis kesehatan merupakan hal yang penting dan diperlukan bagi masyarakat. Alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer tentu sangat dibutuhkan di masa sekarang ini. Permintaan akan selalu ada dan usaha akan terus jalan. Anda dapat menjual produk kesehatan dengan peluang pasar yang cukup luas.

 

5. Frozen Food 

bisnis masa pandemi buah beri beku

Anda dapat menjual makanan beku atau frozen food. Hal ini bisa menjadi ide bagi Anda yang memiliki bisnis restoran. Anda hanya membutuhkan produk dan mesin pendingin untuk menaruh makanan. Jualan frozen food sangat menjanjikan di masa pandemi karena keterbatasan orang untuk makan di tempat.

 

Tips Melakukan Bisnis di Masa Pandemi

tips melakukan bisnis di masa pandemi

Ketika Anda di PHK dari PT atau perusahaan lain karena pandemi. Anda dapat memulai sebuah bisnis. Jika ingin memulai bisnis di masa pandemi, tentunya perlu untuk menyusun strategi. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar berhasil menjalankan bisnis di masa pandemi.

 

1. Memiliki Perencanaan yang Matang

Bukan hanya ikut-ikutan, Anda perlu untuk menetapkan tujuan bisnis Anda dari awal. Anda harus dapat memanfaatkan momen atau trend yang sedang populer untuk memulai usaha, selanjutnya usaha akan berjalan tergantung konsistensi Anda. Perencanaan yang baik tentunya perlu untuk Anda lakukan agar bisnis Anda tidak tenggelam begitu saja. Selain itu, hal ini penting untuk dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko bangkrut.

 

2. Promosi dan Branding Usaha yang Menarik

Branding tentunya akan memberi kesan pada produk Anda bagi konsumen. Dengan melakukan branding, Anda akan mendapatkan citra yang bagi di mata pelanggan. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda sebagai produsen. Anda juga dapat memasukkan pesan produk ketika melakukan branding untuk meningkatkan kepercayaan produk oleh konsumen. 

 

3. Memahami dan Mempelajari Perkembangan Lingkungan

Sebuah bisnis tentunya akan dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan, seperti trend. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memahami dan mempelajari perkembangan yang ada. Selain itu, Anda juga harus mengetahui target pasar Anda. Anda dapat menawarkan dengan baik apa produk yang sesuai dengan yang target Anda butuhkan. Dengan paham dua hal tersebut, Anda dapat konsisten untuk berbisnis.

Jika bisnis Anda mengalami perkembangan dan menjadi usaha yang besar, Anda perlu untuk melakukan perizinan agar dapat melakukan produksi. 

 

Perizinan Bisnis Masa Pandemi Bisnis Online

man writing on paper

Melakukan perizinan merupakan hal yang penting bagi pelaku usaha. Hal ini karena sudah diatur oleh pemerintah. Untuk skala usaha besar, maka wajib untuk memiliki SIUP, sedangkan untuk usaha perorangan cukup dengan KTP. 

 

Pentingnya Izin Usaha

Terdapat beberapa keuntungan yang membuat melakukan perizinan usaha menjadi penting, di antaranya adalah:

  1. Legalitas usaha akan semakin lebih jelas 
  2. Dapat melindungi konsumen dari usaha online yang menipu
  3. Sudah terdaftar sehingga mendapat proteksi dari lembaga hukum

 

Prosedur Perizinan Bisnis Online

mengerjakan sesuatu di laptop

Cara mendaftarkan perizinan adalah melalui laman oss.go.id. Anda perlu memasukkan nomor NIK dan mengisi seluruh kolom yang ada. Anda dapat mengikuti seluruh langkah yang ada pada laman untuk membuat SIUP. Jika usaha Anda berbentuk UMK, maka Anda membutuhkan IUMK.

 

Itulah ulasan mengenai bisnis selama pandemi. Tertarik mencobanya? 

 

Leave a Reply

Open chat
Butuh bantuan?
Halo!
Bagaimana kami dapat membantu Anda?