Pendirian CVPendirian PTPERIZINAN

Kelebihan dan Kekurangan PT yang Perlu Diketahui

PT atau Perseroan Terbatas merupakan salah satu bentuk usaha yang sering digunakan oleh para pelaku usaha. Bentuk usaha ini memiliki badan hukum dan kepemilikannya dinyatakan dengan saham. Terdapat kelebihan dan kekurangan PT, apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut mengenai hal ini lebih dalam.

 

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan PT

Perseroan Terbatas adalah badan usaha berbentuk badan hukum yang didirikan sesuai perjanjian para pendirianya. Ini merupakan bentuk usaha dengan modalnya berasal dari saham para pendiri.

Bentuk usaha ini banyak digunakan untuk bisnis skala besar karena dapat memberikan kesempatan pada masyarakat luas untuk menyertakan modalnya dengan cara membeli saham perusahaan. 

Struktur organisasi dari perseroan terbatas adalah komisaris, direksi, dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

 

Dasar Hukum PT

Regulasi yang mengatur mengenai hal ini adalah:

  1. Undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT)
  2. PP nomor 26 tahun 1998 tentang Pemakaian nama Perseroan Terbatas
  3. Ketentuan Peraturan Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal) dan Ketentuan Bursa Efek, khususnya berlaku untuk Perseroan Terbuka.
  4. UU nomor 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal

 

Jenis PT

Kelebihan dan kekurangan PT

Terdapat tiga jenis bentuk dari perseroan terbatas, yaitu:

1. Perseroan Terbatas Tertutup

Ini merupakan perusahaan perseroan terbatas yang sahamnya hanya dimiliki oleh kalangan tertutup, contohnya seperti perusahaan keluarga. Contoh dari perusahaan ini adalah Sinar Mas Group dan Bakrie Group.

2. PT Terbuka

Perusahaan jenis ini memiliki saham yang dapat dimiliki oleh masyarakat luas melalui pasar modal. Contoh dari perusahaan jenis ini adalah PT Unilever Indonesia.

3. PT Kosong

Pada jenis ini, perusahaan telah memiliki izin usaha dan perizinan lainnya, hanya saja belum memiliki kegiatan yang dilakukan. Contoh dari perusahaan ini adalah PT Semen Kupang.

4. Perusahaan Perseorangan

PT perseorangan merupakan PT yang sahamnya hanya dimiliki oleh satu orang saja. Pemilik perusahaan memiliki kewenangan tertinggi. Pemilik juga berwewenang sebagai direktur dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Kelebihan perusahaan perseorangan adalah mudahnya untuk mengambil keputusan dan menentukan perkembangan perusahaan. Hal ini karena perusahaan perseorangan dapat membuat keputusan tanpa rapat umum atau persetujuan orang lain.

5. PT Domestik

Perusahaan jenis ini merupakan perusahaan yang berdiri di dalam negeri. PT ini juga menjalankan kegiatannya di dalam negeri. Oleh karena itu, perusahaan jenis ini wajib mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia.

6. PT Asing

PT jenis ini didirikan di luar negeri, namun tetap harus mematuhi peraturan di Indonesia. Jenis ini juga dapat merupakan orang asing yang mendirikan perusahaan di Indonesia (PT PMA). Oleh karena itu, PT ini juga wajib mematuhi peraturan di Indonesia.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan PT?

Kelebihan dan kekurangan PT

Sebelum mendirikan perusahaan, Anda perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan PT. Hal ini agar Anda mengetahui keuntungan dan risiko yang harus diterima jika mendirikan bentuk badan usaha ini. Adapun kelebihan dan kekurangan PT sebagai berikut.

 

Kelebihan PT

Kelebihan dan kekurangan PT

Perseroan terbatas tentunya memiliki banyak kelebihan. Apa saja? Adapun kelebihan perseroan terbatas adalah:

 

1. Kelebihan PT pada Modal yang Dikumpulkan Lebih Besar

Sebuah perseroan terbatas dapat mengumpulkan modal yang besar karena dapat menjual saham ke masyarakat luas. Penjualan saham akan membuat semakin banyak modal dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, semakin banyak modal yang terkumpul, maka akan semakin besar badan usaha.

 

2. Kebaikan PT pada Kemudahan dalam Perluasan Usaha

Tidak sulit bagi sebuah perseroan terbatas untuk mencari modal. Dengan modal yang kuat dari para pemiliknya, perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan perluasan usaha atau mengembangkan usaha. Perluasan usaha dapat dilakukan dengan mengalokasikan modal dan perencanaan yang matang dari para pemiliknya.

 

3. Kebaikan Perseroan Terbatas pada Tanggung Jawab Pemilik Usaha Terbatas

Salah satu yang merupakan kebaikan dari perseroan terbatas adalah tanggung jawab dari pemilik usaha terbatas dengan saham yang mereka miliki. Hal ini dapat mencegah terjadinya monopoli satu pihak.

Pembagian saham pada setiap pemilik membuat para pemilik memiliki hak dan tanggung jawabnya masing-masing. Tanggung jawab tersebut dibatasi sehingga para pemilik memiliki bagiannya masing-masing.

 

4. Kebaikan dari Perseroan Terbatas pada Kelangsungan Perusahaan Terjamin

Hal ini karena kelangsungan perusahaan tidak terikat pada orang-orang yang terikat di dalamnya, namun kepada pemilik saham. Oleh karena itu, jika pemilik atau anggotanya berubah, perseroan terbatas ini tetap dapat dipertahankan.

Selain itu, PT adalah badan usaha yang berbadan hukum sehingga jika terjadi perubahan, badan usaha berbentuk perseroan terbatas masih dapat berjalan.

 

5. Aset Pribadi Lebih Terlindungi

Pada pasal 3 ayat (1) UU no. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, disebutkan bahwa tanggung jawab dari pemegang saham hanyalah sebatas besaran saham yang dimilikinya. Jika perusahaan mengalami kerugian, maka kerugian yang akan ditanggung sebesar saham yang mereka miliki.

Kelebihan perseoran terbatas ini tentu berbeda dengan perusahaan lain yang pemilik perusahaan tidak memisahkan harta perusahaan dan harta pribadi.

 

6. Kelebihan PT Membuka Kesempatan Bisnis yang Luas

PT merupakan badan usaha yang memiliki badan hukum. Oleh karena itu, PT memiliki citra yang lebih baik ketika Anda akan memulai bisnis. Perusahaan Anda dapat berpartisipasi dalam tender sehingga dapat mengembangkan bisnis lebih luas.

Selain itu, salah satu kebaikan PT adalah Anda dapat mengembangkan bisnis dengan membuka kantor cabang.

 

7. Meningkatkan Kredibilitas

Salah satu yang merupakan kebaikan dari perseroan terbatas adalah dapat meningkatkan kredibilitas Anda. Hal ini karena PT merupakan perusahaan berbadan hukum yang kredibel sehingga akan lebih mudah dipercaya untuk menjalin hubungan kerja.

Selain itu, pendirian PT juga akan membuat Anda menjadi lebih profesional.

 

8. Saham dapat Diperjualbelikan secara Bebas

Pemegang saham dapat berganti sewaktu-waktu karena dapat diperjualbelikan dengan mudah. Oleh karena itu, jika satu pemegang saham ingin keluar dari perusahaan, maka dapat digantikan oleh orang lain dengan cara membeli saham tersebut.

Jual beli saham ini tentunya tidak menganggu kegiatan usaha dari perusahaan terbatas.

 

Kekurangan PT

Kelebihan dan kekurangan PT

Kelebihan dan kekurangan PT perlu untuk diketahui. Setelah membahas mengenai kelebihan PT, Anda perlu untuk mengetahui kekurangan PT. Perseroan terbatas juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja? Kekurangan dari bentuk usaha ini adalah biaya yang dibutuhkan cukup besar, pemegang saham yang terlalu mementingkan dividen, pengambilan keputusan yang lambat karena harus melalukan RUPS, serta adanya peraturan yang mengikat dari pemerintah. 

Peraturan yang mengikat dikarenakan perseoran terbatas diatur dengan baik pada undang-undang dasar, yaitu UU nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

 

Kelebihan dan Kekurangan PT dalam Saham

Kelebihan dan kekurangan PT

Perseroan Terbatas merupakan badan usaha yang terbagi atas saham. Para pemiliknya memiliki tanggung jawab sebatas saham yang mereka miliki. Terdapat kelebihan dan kekurangan PT dalam saham, yaitu:

1. Kelebihan

Kelebihan dalam saham adalah mudahnya pengambilalihan pemilik perusahaan. Hal ini karena kepemilikan perusahaan berdasarkan saham, perusahaan dapat berganti kepemilikan dengan melakukan jual beli saham.

Kepemilikan dari saham sangat mempengaruhi struktur dari badan usaha ini. Hal ini karena kepemilikan berdasarkan besaran saham yang dimiliki. Oleh karena itu, jika tidak lagi memiliki saham di perusahaan tersebut, maka Anda bukan lagi pemilik dari perusahaan tersebut.

2.  Kekurangan

Kekurangannya adalah bebasnya jual beli saham. Jual beli saham secara bebas dapat menimbulkan spekulasi. Jika harga saham perusahaan turun, maka perusahaan tersebut dapat terancam bangkrut.

Perpindahan pemilik saham yang dapat dilakukan dengan cepat juga akan mempengaruhi struktur dari perseroan terbatas. Oleh karena itu, bebasnya jual beli saham merupakan kekurangan dari perseroan terbatas.

 

FAQ Kelebihan dan Kekurangan PT

  1. Sebutkan kelebihan PT. Salah satu kelebihan PT sebagai bentuk badan usaha adalah mudahnya dalam mengumpulkan modal. Hal ini karena kelebihan PT adalah saham yang dapat dijual pada masyarakat luas.
  2. Apa salah satu kelemahan dari PT? Kelemahan dari badan usaha berbentuk perseroan adalah adanya peraturan atau regulasi yang mengikat dari pemerintah. Perseroan Terbaas (PT) diatur dalam UU nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
  3. Apa keunggulan PT? Keunggulan atau kelebihan badan usaha yang berbentuk PT ditunjukkan dari terjaminnya keberlangsungan perusahaan. Hal ini karena PT tidak bergantung pada orang yang terlibat dari perusahaan, sehingga jika ada anggota yang keluar dari perusahaan tidak akan menganggu jalannya PT.
  4. Apa kelebihan perusahaan perseroan? Salah satu kelebihan perusahaan perseroan adalah aset pribadi yang lebih terlindungan. Hal ini karena harta perusahaan terpisah dengan harta pribadi.

Itulah hal yang perlu Anda ketahui tentang kelebihan dan kekurangan PT. Tertarik untuk mendirikan badan usaha ini?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Open chat
Butuh bantuan?
Halo!
Bagaimana kami dapat membantu Anda?