KBLI

Perusahaan Unicorn: Pengertian dan Contohnya

Perusahaan unicorn merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Istilah unicorn adalah gambaran perusahaan startup atau rintisan yang sudah besar secara finansial. Jika Anda memiliki perusahaan startup, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

 

Pengertian Unicorn 

Perusahaan unicorn adalah istilah yang digunakan merujuk pada startup dengan nilai valuasi hingga USD 1 miliar atau Rp140 triliun. Sekarang ini, banyak sekali startup yang bermunculan, namun tidak semua dapat mencapai nilai valuasi tersebut.

Terdapat 3 jenis perusahaan yaitu unicorn, decacorn, hectocorn.

 

Perbedaan Perusahaan Unicorn, Decacorn, Hectocorn

Terdapat beberapa istilah untuk melabeli sebuah startup, di antaranya adalah unicorn, decacorn, dan hectocorn. Perbedaannya adalah:

 

1. Decacorn

Ini merupakan istilah yang diambil dari bahasa Yunani. Decacorn artinya 10 dan diakhiri dengan akhiran dari unicorn. Startup yang dapat menggunakan pelabelan ini adalah badan usaha yang memiliki kekayaan 10 kali lipat dari unicorn. Nilai valuasi dari perusahaan ini sebesar USD 10 miliar.

Salah satu perusahaan rintisan Indonesia yang berhasil mencapai nilai valuasi tersebut adalah Gojek.

 

2. Perusahaan Hectocorn

Istilah ini akan digunakan pada perusahaan yang nilai valuasinya di atas decacorn, yaitu USD 100 miliar. Untuk skala global, perusahaan yang mampu menyandang gelar ini adalah aliplay atau Ant Financial, ini adalah bisnis yang bergerak di bidang teknologi finansial dan bekerja sama dengan Alibaba Group. Selain itu juga ada perusahaan teknologi seperti Apple, Microsoft, Facebook, Cisco dan lainnya.

 

Apa Saja Contoh Perusahaan Unicorn di Indonesia?

Startup di Indonesia yang sudah mencapai nilai valuasi tinggi adalah:

 

1. Gojek sebagai Perusahaan Unicorn di Indonesia

perusahaan unicorn

Startup ini merupakan perusahaan rintisan pertama di Indonesia yang mendapatkan gelar perusahaan unicorn. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berawal dengan layanan moda transportasi berbasis aplikasi dan berkembang menjadi layanan lainnya. Dengan perkembangannya, gojek dapat menaikkan nilai valuasinya dan dapat menyandang gelar decacorn.

 

2. Tokopedia

perusahaan unicorn

Perusahaan e-commerce ini didirikan pada tahun 2009 dan berhasil mengumumkan pendanaan mencapai USD 1,1 miliar. Hal ini membuat perusahaan ini menyandang gelar unicorn.

 

3. Traveloka

perusahaan unicorn

Startup ini bergerak dalam pemesanan akomodasi hotel, tiket pesawat dan mulai berkembang pada layanan antar makanan. Traveloka didirikan pada tahun 2012 dan menjadi perusahaan unicorn pada tahun 2017.

 

4. Kopi Kenangan

Perusahaan ini menjadi startup pertama di bidang makanan dan minuman (F&B) yang mendapatkan gelar unicorn. Perusahaan ini mendapat suntikan dana Rp1,3 triliun yang membuat kopi kenangan menjadi perusahaan besar.

 

5. BukaLapak

Bisnis e-commerce yang didirikan tahun 2010 ini sudah berhasil mendapat gelar unicorn pada tahun 2017. Seri Pendanaan F mencatat tingkat valuasi Bukalapak berhasil menyentuh angka USD 2 miliar.

 

6. OVO

Nilai valuasi perusahaan ini mencapai USD 2,9 miliar. Startup ini bergerak di bidang aplikasi pembayaran dan menjadi perusahaan fintech paling besar di Indonesia. Pada tahun 2018, perusahaan ini mengklaim sudah menjalankan lebih dari 1 miliar transaksi.

 

Apa Saja Perusahaan Unicorn di Dunia?

perusahaan unicorn

Tentunya banyak perusahaan di berbagai belahan dunia yang telah mendapat gelar sebagai perusahaan unicorn. Bisnis yang sudah mencapai tahap ini dalam skala global adalah:

 

1. WeBank

Startup ini berasal dari Cina dan merupakan bank komersial swasta yang menyediakan layanan berbasis digital. Bisnis ini menawarkan pinjaman dalam jumlah kecil dan produk investasi melalui aplikasi bank. 

 

2. DoorDash

Usaha ini berasal dan bergerak di California, Amerika. Kegiatan bisnis ini bergerak di pengantaran makanan dan tahun 2018 berhasil mencapai nilai valuasi sebesar USD 1,4 miliar.

 

3. Palantir Technologies

Perusahaan swasta ini berada di Amerika Serikat dan bergerak pada bidang analisis big data. Sampai saat ini, banyak klien dari Palantir yang berasal dari sejumlah lembaga di Amerika Serikat.

 

Jenis Valuasi Lain Selain Perusahaan Unicorn

Valuasi adalah acuan besaran potensi bisnis pada sebuah perusahaan. Selain unicorn, decacorn dan hectocorn, terdapat beberapa jenis valuasi lainnya, di antaranya adalah:

  1. Cockroach. Ini adalah jenis valuasi paling pertama dan akan diberikan pada perusahaan kecil dan baru dirintis.
  2. Ponies. Istilah ini digunakan untuk perusahaan rintisan yang memiliki level valuasi hingga USD 10 juta atau sekiar Rp140 miliar.
  3. Centaur. Level ini diberikan pada startup yang memiliki valuasi tinggi dari sebelumnya, yaitu hingga USD 100 juta atau Rp1,4 triliun.

 

FAQ Perusahaan Unicorn Decacorn Hectocorn

  1. Decacorn artinya? Dalam bahasa Yunani artinya adalah sepuluh. Ini adalah istilah untuk badan usaha yang memiliki kekayaan 10 kali lipat dari unicorn.
  2. Perusahaan hectocorn adalah? Istilah ini akan digunakan pada perusahaan yang nilai valuasinya di atas decacorn, yaitu USD 100 miliar.

 

Itulah ulasan mengenai perusahaan jenis ini. Anda dapat mengembangkan Startup Anda hingga mencapai tahap ini. Selain itu, jangan lupa untuk mengurus perizinan dari usaha Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button
Open chat
Butuh bantuan?
Halo!
Bagaimana kami dapat membantu Anda?