KBLI

KBLI 2020 Online: Pengertian dan Cara Menentukannya

KBLI 2020 merupakan hal yang perlu untuk diketahui oleh pelaku usaha di Indonesia. Singkatan KBLI adalah Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Hal ini karena dalam pendaftaran usaha menggunakan kode klasifikasi usaha.

Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha, Anda perlu untuk mengetahui hal ini. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini.

 

Apa Itu KBLI 2020?

KBLI singkatan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Ini merupakan kode klasfikikasi resmi untuk mengklasifikasikan jenis bidang usaha perusahaan di Indonesia.

Aktivitas yang diklasifikasikan termasuk aktivitas ekonomi yang menghasilkan output atau produk, baik berbentuk barang maupun jasa berdasarkan lapangan usaha. 

Perusahaan yang ingin melakukan pendaftaran bidang usaha di NIB (Nomor Induk Berusaha) harus memasukkan kode yang sesuai dengan KBLI 2020. 

 

Penyusunan KBLI 2020

KBLI disusun oleh BPS atau Badan Pusat Statistik dengan mengacu pada International Standard Classification of All Economic Activities (ISIC), East Asia Manufacturing Statistics (EAMS) dan ASEAN Common Industrial Classification (ACIC).  

Penyusunan KBLI dilakukan untuk mempermudah pelaku usaha untuk menemukan kategori bidang usaha yang akan dikembangkan di Indonesia. KBLI 2020 memiliki tambahan 216 kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia 5 digit dari versi 2017, sehingga saat ini memiliki total 1.790 kode.

 

List KBLI 2020

KBLI 2021