AktivitasHAKI

Trademark Adalah: Pengertian dan Contohnya

Trademark adalah hal yang penting untuk Anda ketahui. Hal ini karena trademark atau merek dagang merupakan hal yang perlu untuk dilindungi dari sebuah perusahaan. Apa itu trademark? Apa fungsinya?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

 

Apa Itu Trademark?

Trademark adalah bagian dari HAKI atau Hak Kekayaan Atas Intelektual. Trademark artinya adalah karakteristik dari sebuah produk berupa frasa, kata, slogan atau simbol. Hal ini digunakan untuk membedakan keaslian produk dibanding dengan produk lain yang sejenis.

Dengan adanya merek dagang, konsumen akan lebih mudah untuk menemukan produk yang mereka inginkan. Selain itu, merek dangang juga akan dapat membantuk meningkatkan brand awareness sehingga produk akan terlihat lebih menonjol dan mudah untuk diingat. 

 

Dasar Hukum

Peraturan pemerintah yang mengatur mengenai hal ini adalah:

  1. UU nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis
  2. Undang-undang nomor 15 tahun 2001 tentang Merek

 

Contoh Trademark 

trademark

Merek dagang dapat dalam berbagai bentuk, contohnya adalah:

 

1. Simbol Trademark

Simbol dapat digunakan sebagai merek dagang untuk membedakan dengan produk lainnya. Contoh dari merek dagang yang menggunakan simbol adalah:

  1. McDonald’s menggunakan simbol golden arches atau lengkungan emas berbentuk M
  2. NIke menggunakan simbol tanda centang atau swoosh pada setiap produknya.
  3. Apple menggunakan logo buah apel yang digigit

 

2. Slogan

Slogan digunakan sebagai trademark agar konsumen dapat dengan mudah mengingat brand. Contoh perusahaan yang menggunakan slogan di antaranya adalah:

  1. McDonald’s menggunakan slogan “I’m lovin’ it”
  2. Nike menggunakan slogan yang berbunyi “Just do it”.

 

3. Nama Perusahaan

Nama dari pendiri perusahaan juga dapat menjadi merek dagang, di antaranya adalah:

  1. Dior
  2. Louis Vuitton
  3. Chanel
  4. dan lain-lain

 

4. Brand Mascot

Hal ini juga dapat menjadi merek dagang yang dapat membuat produk terlihat lebih menonjol. Contoh perusahaan yang menggunakan brand mascot adalah:

  1. The Walt Disney Company yang menggunakan Mickey Mouse
  2. Dufan (Dunia Fantasi) menggunakan kera bekantan yang menggunakan baju dengan huruf D.

 

Kenapa Trademark Menjadi Penting?

trademark

Terdapat beberapa alasan mengapa trademark atau merek dagang penting bagi sebuah bisnis, di antaranya adalah:

 

1. Trade Mark Menjadi Alat Komunikasi Efektif

Merek dangang seperti logo atau simbol dapat menjadi alat yang efektif untuk mengkomunikasikan informasi bisnis pada target pasar. Dengan melihat logo, konsumen dapat mengetahui produk apa yang dijual tanpa harus berbicara langsung. Selain itu, merek dagang ini juga dapat membuat konsumen menilai dengna mudah bagaimana reputasi dan kualitas produk.

 

2. Memudahkan dalam Menemukan Produk

Fungsi dari trademark adalah untuk membedakan satu produk dengan produk lainnya. Oleh karena itu, merek dagang akan lebih memudahkan pelanggan dalam menemukan produk Anda. Selain itu, Sebagian besar pelanggan akan mencari informasi atau berbelanja melalui internet. Dengan banyaknya bisnis online sekarang ini, memiliki merek dagang akan memudahkan pelanggan menemukan produk.

 

3. Menghindari Plagiarisme

Jika perusahaan Anda memiliki produk populer dan terkenal, maka akan banyak pihak yang akan menduplikasi atau bahkan memalsukannya. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda sudah mendaftarkan merek dagang Anda. Dengan mendaftarkan trade mark, perusahaan lain tidak boleh menggunakan merek yang sama atau mirip.

 

Bagaimana Cara Mendaftarkan Trademark?

Di Indonesia, trade mark bisa diajukan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau DJKI. Anda dapat melengkapi persyaratan dan menjalani prosedur yang Anda. Untuk mengetahui persyaratan dan prosedurnya, Anda dapat melihat ulasan berikut ini.

 

Perbedaan Trademark dan Copyright

trademark

Trade mark dan copyright digunakan untuk melindungi kekayaan intelektual yang dimiliki oleh individu/kelompok maupun bisnis. Namun, terdapat perbedaan di antara keduanya, yaitu:

  1. Trade mark digunakan untuk perlindungan pada kekayaan yang mencakup kata, frasa, simbol, atau desain yang menjadi pembeda oleh sebuah produk.
  2. Copyright adalah hak cipta yang digunakan untuk melindungi produk yang dibuat produsen dari penjiplakan atau masalah lainnya. Contoh produk yang dilindungi adalah novel, puisi, penelitian dan lainnya.

 

FAQ Trademark

  1. Arti trade mark adalah? Pengertian trademark adalah karakteristik dari sebuah produk yang membuatnya berbeda dengan produk serupa lainnya. Pembeda tersebut dapat berupa frasa, kata, slogan atau simbol.
  2. Apa contoh produk trademark? Contoh trademark di antaranya adalah slogan McDonald’s yang berbunyi “i’m lovin’ it”
  3. Apa contoh trademark di Indonesia? Contohnya adalah slogan teh botol sosro yang berbunyi, “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”

 

Itulah ulasan mengenai Trade mark. Segera daftarkan merek dagang perusahaan Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Open chat
Butuh bantuan?
Halo!
Bagaimana kami dapat membantu Anda?